Jenis-jenis Bluetooth

Otak Genius - Bluetooth adalah sebuah teknologi berjenis wireless atau nirkabel.  Jarak yang diperlukan Bluetooth untuk dapat berkomunikasi antar perangkat yaitu antara 1 hingga 100 meter. 

Sebuah perangkat Bluetooth dapat terhubung sampai ke tujuh perangkat. Saat ini teknologi Bluetooth telah dibenamkan dalam sebuah perangkat elektronik, seperti smartphone, laptop, headphone, dan lain-lain. Pada smartphone contohnya, fitur Bluetooth memungkinkan kita untuk mengirimkan file berupa gambar, video, musik, dan lainnya.

1. Bluetooth 1.0 dan 1.0B 

Versi awal dari teknologi Bluetooth ini mempunyai perkembangan yang kurang baik. Banyaknya permasalahan yang dimiliki oleh Bluetooth versi ini akan menyebabkan pabrikan kesulitan membuat teknologi tersebut beroperasi di produk-produk mereka.

2. Bluetooth 1.1


Versi ini muncul dengan perbaikan dari versi Bluetooth yang sebelumnya. Selain itu, Bluetooth 1.1 juga mempunyai standar IEEE 802.15.1-2002.

3. Bluetooth 1.2

Dibanding tiga versi Bluetooth sebelumnya, Bluetooth 1.2 tentu saja mempunyai banyak keunggulan. Versi ini juga dapat memungkinkan penggunanya untuk menemukan koneksi Bluetooth lain lebih cepat.

4. Bluetooth 2.0 + EDR

Dengan teknologi EDR (Enhanced Data Rate) yang dimilikinya, Bluetooh versi 2.0 mempunyai transfer data yang lebih cepat. Meskipun teknologi EDR memiliki kecepatan 3 Mbit per detik, tapi transfer data maksimum pada Bluetooth versi ini adalah 2.1 Mbit per detik. Bluetooth versi 2.0 +EDR hadir pada tahun 2004.

5. Bluetooth 2.1 + EDR

Teknologi utama pada Bluetooth versi ini merupakan SSP atau Secure Simple Pairing. Dengan SPP pengalaman ini menggunakan Bluetooth jadi lebih baik, terutama dalam hal pairing dan keamanan.

6. Bluetooth 3.0 + HS

Bluetooth versi ini hadir dua tahun pasca perilisan versi 2.1 + EDR. HS pada Bluetooth versi ini merupakan singkatan dari High Speed di mana teknologi yang digunakan adalah link 802.11. Selain itu, Bluetooth versi 3.1 + HS mempunyai fitur baru yang disebut AMP atau Alternative MAC/PHY.

7. Bluetooth 4.0 + LE

 Selanjutnya ada Bluetooth versi 4.0 + LE atau dikenal dengan sebutan Bluetooth Low Energy. Keunggulan utama dari Bluetooth versi ini merupakan konsumsi energinya yang rendah. Karena itu, perangkat yang menggunakan Bluetooth versi 4.0 + LE membantu baterai atau listrik jadi lebih hemat.

8. Bluetooth 4.1

Perangkat yang mengadopsi Bluetooth versi ini dapat secara otomatis menghidupkan dan mematikan koneksi Bluetooth sesuai dengan power plan.

9. Bluetooth 4.2

 Hampir setahun sesudah perilisan Bluetooth versi 4.1, Bluetooth versi 4.2 juga diluncurkan ke publik. Beberapa peningkatan yang dikembangkan pada Bluetooth versi ini merupakan kecepatan dan keamanan yang lebih tinggi. Bahkan dapat disebut kecepatan unduh Bluetooth versi 4.2 meningkat 2,6 kali dibanding Bluetooth versi sebelumnya.

10. Bluetooth 5.0

 Ini adalah versi Bluetooth yang paling baru yang dikenal pada bulan 16 Juni 2016. Bluetooth 5.0 dibahas secara khusus untuk menyediakan komunikasi yang aman tanpa banyak gangguan. Fitur-fitur yang telah terdapat pada Bluetooth versi terbaru ini juga difokuskan pada teknologi IoT atau Internet of Things yang sedang berkembang.

Bluetooth versi 5.0 juga mempunyai peningkatan yang siginifikan dibanding Bluetooth versi lama, seperti pada jangkauan yang lebih luas, transfer data yang lebih cepat, serta mampu membawa ukuran data yang lebih besar. Dan untuk keperluan marketing, Bluetooth versi 5.0 ini cukup disebut dengan Bluetooth 5 (tidak 5.0 seperti pada Bluetooth versi 4.0).

Meski Blog ini tidak se profesional seperti website lain, Insya Allah blog ini bisa menjadi ladang untuk mencari ilmu.