Jenis-Jenis Informasi Tentang Virus Komputer

Otak Genius - Virus umum ditemukan pada sebuah komputer khususnya yang mempunyai sistem operasi Windows. Virus ini dapat menyebar melalui beberapa internet atau file-file yang ditransfer dari perangkat lain.
Pada dasarnya virus komputer ini merupakan program merugikan yang dapat merusak sistem atau data pada komputer anda dan dapat menyebar ke komputer lain.
Virus komputer itu sendiri beragam dengan efek yang juga berbeda. Kali ini kami akan memberikan anda beberapa informasi seputar jenis virus komputer apa saja yang umum menyebar dan berbahaya.
Beberapa Virus Komputer Berbahaya dan Cara Mengatasinya

Virus berbahaya jika dibiarkan pada sebuah komputer anda, selain dapat menghilangkan data secara acak tapi juga dapat merusak beberapa sistem-sistem pengopersian komputer anda.
Salah satunya cara untuk mengatasi virus adalah antivirus. Aplikasi ini dapat mendeteksi virus dan menghapusnya dari komputer anda.

Berikut Beberapa informasi tentang Beberapa virus komputer dan cara mengatasinya:

1. Trojan

Jenis virus komputer yang pertama adalah Trojan.

Virus ini merupakan jenis virus komputer yang mempunyai kemampuan untuk mengontrol atau bahkan mencuri data yang ada pada sebuah perangkat komputer anda.

Virus jenis Trojan ini biasanya datang dari internet atau E-mail yang diterima oleh user. Biasanya, untuk mengatasi virus jenis Trojan ini bisa menggunakan software Trojan Remover.

2. Worm

Virus jenis worm ini merupakan jenis virus komputer yang mampu membuat file acak yang tak berguna yang cukup dapat memenuhi hardisk PC anda.

Selain itu Worms ini cukup berbahaya karena mampu berkembang dan menggandakan diri.

Caranya sangatlah mudah, yakni dengan melakukan scanning menggunakan Antivirus Avast.  

3. Memory Resident Virus

Memory Resident Virus ini merupakan jenis virus komputer yang dapat menginfeksi RAM pada komputer anda. Efek yang ditimbulkan dari virus jenis ini adalah membuat kinerja komputer anda menjadi lambat dan kurang maksimal.

Caranya adalah dengan menggunakan antivirus seperti Avast, Avira, dan sejenisnya.

4. Multipartite Virus

Multipartite Virus ini biasanya terdiri dari beberapa file yang dapat menginfeksi sistem operasi PC anda dengan banyak efek seperti mengformat HDD secara otomatis hingga membuat beberapa aplikasi yang tak dapat dibuka.

Caranya adalah dengan melakukan Defrag Hard disk secara teratur dan rutin scan melalui Antivirus.

5. FAT Virus

Virus jenis File Allocation Table ini merupakan jenis virus komputer yang mampu merusak file-file pada direktori tertentu.
File yang terinfeksi virus ini biasanya akan disembunyikan, seakan file tersebut menghilang. jika ada beberapa file di komputer Anda yang hilang secara misterius, bisa jadi penyebabnya yaitu virus FAT. Caranya sama dengan virus lain, yakni menggunakan antivirus.

6. Directory Virus

Directory Virus ini merupakan jenis virus yang menginfeksi file yang berekstensi .exe. Mungkin anda pernah menjalankan sebuah file .exe di komputer anda tapi tak dapat berjalan seperti biasanya.
Jika tidak ditangani dengan cepat, maka beberapa virus ini bisa merusak semua file exe yang ada di komputer kamu. Terkadang, antivirus tidak cukup untuk mengatasi virus jenis ini.

Kasus plaing parah adalah mengharuskan kamu untuk mengformat HDD dan menginstal ulang OS.

7. Macro Virus

Macro virus dapat menginfeksi file-file makro seperti .docm, .xls, .pps, dan sejenisnya. Virus jenis ini sering sekali datang dari e-mail yang kamu terima.

Coba untuk hindari pesan asing yang masuk dan rutin scan komputer kamu dengan antivirus.

Meski Blog ini tidak se profesional seperti website lain, Insya Allah blog ini bisa menjadi ladang untuk mencari ilmu.